Pageviews

Popular Posts

About

Search Me

Monday 8 April 2013

Sepertinya hampir semua orang tau dimana dan apa itu kampung inggris. Suatu daerah yang menjadi tujuan manusia dengan berbagai profesi dan ingin mempelajari bahasa yang bukan bahasa ibu (bahasa Indonesia) namun secara cepat dan intensif. Awalnya saya pikir, kampung inggris itu suatu tempat yang menyediakan kursus bahasa inggris di satu tempat saja, semacam karantina atau boarding school. Tapi ternyata bukan, di sini adalah suatu perkampungan yang setiap rumah warganya menyediakan jasa tempat kursus bahasa inggris dengan nama kursus yang bervariasi serta program, cara belajar, sistem dan biaya kursus yang beranekaragam. Kita tinggal pilih mau kursus di tempat mana sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan dengan harga yang sangat terjangkau. Jauh berbeda dengan lembaga kursus di luar sana yang menyediakan pilihan program dalam waktu beberapa pertemuan namun dengan harga yang melambung tinggi. Disini juga tersedia tempat tinggal atau biasa disebut camp dengan program dan sistem yang mewajibkan penghuninya berbicara bahasa inggris. Kampung inggris ini terletak di daerah Pare, Kediri, Jawa Timur. Jika dari arah Semarang Jawa Tengah menuju daerah ini membutuhkan waktu perjalanan dengan menggunakan travel sekitar 7 – 8 jam dengan biaya travel sekitar 100 ribu rupiah.
Satu hal unik yang menjadi kebudayaan di sini yaitu transportasi untuk para pendatang maupun penduduk asli yakni dengan menggunakan sepeda. Tidak ada angkutan kota (angkot), jadi jika kita hendak pergi dari satu tempat kursus ke tempat kursus lainnya dengan jarak yang lumayan maka bersepedalah. Walaupun saya ga bisa bawa motor tapi sepeda alhamdulillah lancar, tapi harus berhati-hati karena di jalanan tidak hanya kaum bersepeda saja, banyak angkutan seperti mobil, motor dan terkadang ada bus dan truk yang sama-sama saling berbagi jalan. Makanan di sini juga tergolong murah dengan berbagai macam pilihan menu.
Ada informasi yang akan saya bagi dan semoga bermanfaat. Saya bahas mulai dari tempat tinggal. Di Pare ini ada 2 jenis tempat tinggal yang di sebut kos-kosan dan camp, bedanya untuk kos tidak ada peraturan wajib untuk menggunakan bahasa inggris dalam keseharian, namun mereka memiliki program kelas tertentu yang tidak wajib juga diikuti oleh penghuninya dan biayanya pun relatif terjangkau (s.d. 250 ribu/bulan). Sedangkan camp adalah sejenis kos-kosan dengan diterapkannya peraturan menggunakan bahasa inggris dalam bicara keseharian (kecuali ketika menerima telepon, tamu yang tidak bisa bahasa inggris ataupun nyanyi bahasa Indonesia) dan ada konsekuensi bagi pelanggaran peraturan, di camp juga terdapat program wajib yang harus diikuti oleh penghuninya, biasanya program wajib ini dilaksanakan setelah sholat subuh dan sholat magrib (program vocab, grammar, discus dll) dan terdapat pula program non wajib yang bisa diikuti ataupun tidak oleh penghuninya (kami menyebutnya dengan program sunah). Biaya untuk camp ini 1 bulannya s.d. 350 ribu.
Untuk tempat kursus disini sangat beranekaragam dengan program dan cara belajar yang menarik. Menurut saya semuanya bagus tergantung kebutuhan kita dan bagaimana kita menyukai cara belajarnya. Jadi saran saya, jika hendak memilih dan menentukan tempat kursus tersebut, surveylah terlebih dahulu dan bertanya dengan para peserta yang sudah sekian lama tinggal dan belajar disini, sebagai bahan referensi dan pertimbangan. Beberapa nama tempat kursusnya yaitu : the daffodils, eminance, peace, elfast, webster, mr.bob dan masih banyak lagi. Biaya untuk kursus pada setiap tempat bervariasi dimulai dari 70 ribu – 300 rb setiap bulannya dengan pertemuan setiap hari senin – jumat bahkan ada tambahan di hari sabtu tergantung kebijakan tempat penyelenggaranya.
untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan cara belajarnya akan saya posting di kemudian hari. See ya J

0 comments:

Powered by Blogger.